CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 21 Oktober 2008

Nama Kelompok:

  1. Isabella K. (51006023)
  2. Melina Liesen (51006030)
  3. Nita Sofian (51006036)

I. Pengantar

1. Definisi

Permintaan masyarakat akan music cenderung semakin meningkat. Minat masyarakat yang tinggi terhadap music menuntut adanya perkembangan yang berarti di bidang music. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya band-band baru yang menciptakan lagu serta lagu-lagu yang laris di berbagai kalangan.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka kelompok kami menyadari perlunya mengembangkan serta menciptakan e-music yang diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya para pencinta music.

Definisi e-music Menurut Kelompok Kami

e-music adalah suatu layanan jasa secara online dimana menyediakan kumpulan/koleksi lagu-lagu khususnya lagu-lagu Indonesia untuk memperkenalkan lagu tanah air agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.

2. Tujuan

Tujuan Kelompok Kami Membuat Konsep e-music adalah

· Menyediakan kemudahan-kemudahan untuk mendownload lagu-lagu terbaru.

· Meningkatkan minat dan ketertarikan masyarakat akan music.

· Menyediakan tempat berkumpulnya para komunitas pencinta music.

· Memudahkan para pencinta music untuk mengakses lagu-lagu yang dibutuhkan dimanapun dan kapanpun melalui media on-line.

· Menghemat biaya sehingga masyarakat tidak harus selalu membeli kaset, cd, & vcd album.

· Membantu para penyanyi untuk mempopulerkan lagu-lagu mereka.

3. Visi

Visi Kelompok Kami Membuat Konsep e-music adalah

Dengan adanya layanan jasa seperti e-music ini, dapat memajukan industri music khususnya di tanah air; dimana music dapat dikenal dan dinikmati oleh semua kalangan tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi. Ke depannya, kami mengharapkan kontribusi masyarakat untuk selalu aktif menciptakan karya-karya music yang memiliki daya inovatif yang tinggi.

II. Tulisan / Penelitian yang Terkait

1. Tulisan / Penelitian Terkait

· Perkembangan Music Indonesia Saat Ini (http://purplestain.multiply.com)

· http://www.MP3.com

· http://www.besonic.com

· http://www.indowebster.com

2. Fokus e-music

Fokus yang membedakan e-music yang kami buat dibandingkan dengan tulisan / penelitian lainnya adalah lebih difokuskan pada music-music Indonesia disamping music Barat dan yang lainnya serta ketersediaan lagu-lagu lama yang sudah mulai sulit untuk dicari. Tujuan kelompok kami yakni lebih mengutamakan dan memajukan perkembangan music di Indonesia beserta karya-karya anak negeri. Sistem yang kami rancang menggunakan konsep yang sederhana sehingga dapat dimengerti dan memudahkan untuk mengakses/mendownload lagu tersebut.

III. Ketersediaan Teknologi

1. Teknologi saat ini

Teknologi e-music saat ini berkembang cukup pesat. Hal ini dapat kita lihat pada banyaknya situs-situs untuk mendownload lagu yang tersedia. Saat ini, situs untuk mendownload lagu seperti http://www.indowebster.com, dll cenderung terlambat meng-update lagu-lagu terbaru, sehingga masyarakat sulit mendapatkan lagu terbaru pada situs tersebut. Tak hanya itu, masyarakat pun sulit dalam mendapatkan lagu-lagu lama, disebabkan tidak tersedianya lagu-lagu lama. Oleh sebab itu, teknologi yang kami rancang memiliki tujuan agar masyarakat tidak kesulitan mendapatkan lagu-lagu terbaru. Untuk itu, kami membuat konsep yang cukup sederhana agar masyarakat tidak kesulitan dalam menggunakan e-music ini.

Teknologi yang mendukung sehingga e-music dapat dioperasikan

Kami menggunakan teknologi internet guna mendukung pengiriman, pemrosesan dan penerimaan data. Selain itu, kami juga menggunakan sistem database dimana lagu-lagu dikelompokkan berdasarkan jenisnya.

2. Ketersediaan perangkat

Perangkat-perangkat yang mendukung pengembangan teknologi e-music ini adalah server untuk penyimpanan database, modem untuk koneksi internet; VCD dan CD lagu-lagu terbaru; format digital music, data multimedia, perangkat device yang bisa memutar lagu secara online.

3. Ketersediaan info pendukung

Kegiatan yang mendukung antara lain sistem pembayaran dengan cara transfer dan payment gateway; pengumpulan sumber-sumber lagu terbaru; adanya info-info pendukung.

Info-info yang mendukung e-music ini sudah cukup tersedia yakni info mengenai lagu-lagu terbaru dari situs-situs, majalah, televisi, dan lain-lain. Adanya literatur pendukung mengenai pesatnya perkembangan e-music ini dari waktu ke waktu sebagai bahan pertimbangan untuk mengembangkan e-music ini.

IV. Aplikasi yang Tersedia

Berikan gambaran serta data bahwa Fokus tugas anda telah / bisa diImplementasikan dikehidupan bermasyarakat.

V. Informasi Secara Global

Berisi data dan gambaran akan informasi fokus tugas memiliki potensi pengembangan serta ada draft / rencana pengembangan baik penambahan alat (device) teknologi dll dimasa mendatang.

0 komentar: